Langsung ke konten utama

SERUNDENG DAGING SAPI

Serundeng Daging Sapi

BAHAN BAHAN :
1kilo daging sapi
3/4 buah kelapa parut.Kelapa nya yang agak muda yang biasa dipake untuk bikin urap

Air 1 liter
Santan kental 200mili ( saya pake Kara )
Gula merah 200gram
Garam sesuai selera
Daun salam 6 lembar
Daun Jeruk 6 lembar
Serai 5 batang
Lengkuas seibu jari bengkak


BUMBU yang dihaluskan :
7 siung bawang merah
5siung bawang putih
1ruas jahe
kunyit seukuran jari kelingking
3sendok makan ketumbar sangrai
2sendok teh jinten

CARA :

Sangrai kelapa parut hingga kering kecoklatan.Gunakan api kecil dan rajin dibolak balik agar ngga gosong.

Tumis bumbu halus hingga wangi dan mateng, masukkan dedaunan, lengkuas dan serai, tumis hingga harum.

Masukkan potongan daging, masak hingga berubah warna.Tambahkan air, masak dengan api super kecil agar daging tidak alot.

Saat air tinggal setengah, tambahkan santan kental , garam dan gula merah.Masak hingga air menyusut, cicipi. Jika suka manis dan dirasa kurang manis, bisa tambahkan gula pasir ato gula merah.

Masak hingga air tinggal sedikit dan semua meresap ke daging baru masukkan kelapa parut.

Aduk2 selalu dan kecilkan api.Masak hingga kering agar serundeng awet.Rajin diaduk agar ngga gosong.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Mas Goreng Bumbu Rica-Rica yang Enak dan Lezat

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Ikan Mas Goreng Bumbu Rica-Rica yang Enak dan Lezat Bahan Utama Ikan Mas Goreng Bumbu Rica-Rica: 4 ekor ikan mas 2 sendok teh perasan air jeruk sambal 2 siung bawang putih, haluskan 1/2 sendok teh ketumbar (bubuk) 3/4 sendok teh garam 1/2 sendok teh merica (bubuk) Minyak secukupnya Bumbu Ikan Goreng Rica yang Diulek Kasar: 6 buah bawang merah 5 buah cabe rawit 3 buah cabe merah besar 5 buah cabe keriting Bumbu dan Bahan Lainnya: 3 lembar daun jeruk purut 1/2 sendok teh garam 1 batang serai, memarkan 1/2 sendok teh gula pasir 50 ml Minyak goreng 1 cm jahe, memarkan 2 buah jeruk kecil, ambil airnya 1 buah tomat, potong-potong Cara Membuat Masakan Ikan Mas Goreng Bumbu Rica-Rica yang Enak dan Lezat Cara Memasak Ikan Goreng: Langkah pertama yng bisa dilakukan terlebih dahulu, anda bisa melakukannya dengan membersihkan ikan mas yang sudah anda siapkan dengan menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih.

CARA MEMBUAT TUTUT BUMBU KUNING PEDAS

Tutut adalah binatang yang hidup di perairan dangkal dan bersih, biasanya hidup di daerah sekitar rawa, sawah, pinggir danau, sungai kecil dan perairan-perairan lainnya. Tutut memakan jenis tanaman air seperti lumut dan ganggang. Bentuk fisik mirip keong hanya saja ukurannya lebih kecil. Tutut ini menurut MUI halal lho karena termasuk hewan air dan habitat nya adalah air beda dengan bekicot haram itu adalah hewan yang hidup di dua tempat darat dan air. Makanan nostalgia ala kampung desa tradisional ini jarang ada di kota Anda, tapi kalau di kota bandung banyak yang jualan keliling pasar maupun di pinggir jalan yang menjual siput tutut khas bandung. Selain dimasak bumbu kuning aneka kreasi olahan tutut keong sawah ini ada beberapa variasi yang dikembangkan bisa diolah dengan berbagai aneka kreasi bumbu saus lada hitam, tutut rebus, dimasak santan gurih, dengan saos tiram, saus padang, tutut balado, sambal tutut, rica rica tutut, dll. Paling mudah Masak tutut ya tutut

CARA MEMBUAT SEBLAK BANDUNG KUAH KUNING

Bahan - 100 gram kerupuk kanji oranye, rendam - 1 butir telur, kocok lepas - 150 gram paha ayam, rebus, suwir - 3 batang caisim, potong-potong - 20 gram soun, rendam air - 2 sendok makan kecap manis - 400 ml air - 1/2 sendok teh garam - 1/4 sendok teh merica bubuk - 1 batang daun bawang, diiris - 2 sendok makan minyak untuk menumis Bumbu halus: - 2 butir bawang merah - 2 siung bawang putih - 2 cm kencur - 6 cm kunyit bakar Cara Membuat 1. Tumis bumbu halus sampai harum. Sisihkan dipinggir wajan. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir. Masukkan ayam dan caisim. Aduk sampai layu. 2. Tambahkan kerupuk. Aduk rata. Bubuhi garam, merica bubuk, kecap manis dan air. Aduk rata. 3. Masukkan soun dan daun bawang. Aduk rata. Untuk 4 porsi