Langsung ke konten utama

CARA MEMBUAT TUTUT BUMBU KUNING PEDAS


Tutut adalah binatang yang hidup di perairan dangkal dan bersih, biasanya hidup di daerah sekitar rawa, sawah, pinggir danau, sungai kecil dan perairan-perairan lainnya. Tutut memakan jenis tanaman air seperti lumut dan ganggang. Bentuk fisik mirip keong hanya saja ukurannya lebih kecil. Tutut ini menurut MUI halal lho karena termasuk hewan air dan habitat nya adalah air beda dengan bekicot haram itu adalah hewan yang hidup di dua tempat darat dan air.
Makanan nostalgia ala kampung desa tradisional ini jarang ada di kota Anda, tapi kalau di kota bandung banyak yang jualan keliling pasar maupun di pinggir jalan yang menjual siput tutut khas bandung. Selain dimasak bumbu kuning aneka kreasi olahan tutut keong sawah ini ada beberapa variasi yang dikembangkan bisa diolah dengan berbagai aneka kreasi bumbu saus lada hitam, tutut rebus, dimasak santan gurih, dengan saos tiram, saus padang, tutut balado, sambal tutut, rica rica tutut, dll. Paling mudah Masak tutut ya tutut original atau asli adalah tutut rebus dan bumbu kuning ini. Cara pengolahan dan masak tutut asli sangat sederhana.
RESEP TUTUT
BAHAN PERSIAPAN :
Rendam tutut semalam, diganti 2-3 kali air rendamannya
Gosok-gosok supaya lumut yang menempel di cangkang tutut bersih,
cuci beberapa kali sampai bersih
Potong bagian belakang cangkang untuk mengeluarkan kotorannya, cuci lagi beberapa kali sampai bersih
Siap dimasak
BUMBU (untuk kurleb 1 kg) :
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 batang daun bawang
4 cm kunyit
3 buah kemiri
Daun salam
Laos
Sereh/serai
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 lt air
CARA MEMASAK TUTUT BUMBU KUNING PEDAS :
Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri. Tumis sampai harum.
Masukkan tutut yang sudah bersih, aduk-aduk, tambah daun salam, laos, sereh.
Tambah air, daun bawang, garam dan gula. Masak jangan terlalu lama (10-15 menit saja)
Angkat
sajikan.
CARA MAKAN TUTUT KHAS SUNDA
Tutut rebus adalah makanan tradisional Sunda. Tutut yang dijual di pinggiran Jalan Baru Bogor dan Ujung Berung Bandung tersebut sudah dimasak dengan cara direbus hingga matang bersama bumbu seperti salam, sereh/serai, lada. Sebelum dimasak biasanya bagian ujung kerucut spiralnya dipotong sedikit dengan pisau.
Cara memakan tutut ini sangat unik, yaitu dengan cara disedot seketika (disedot menghentak). Daging tutut bisa keluar dan langsung masuk ke mulut, untuk inilah bagian ujung cangkangnya harus dipotong supaya angin bisa masuk. Kalau tak pandai menyedotnya, cungkil saja dengan tusuk gigi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep dan Cara Membuat Masakan Ikan Mas Goreng Bumbu Rica-Rica yang Enak dan Lezat

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Masakan Ikan Mas Goreng Bumbu Rica-Rica yang Enak dan Lezat Bahan Utama Ikan Mas Goreng Bumbu Rica-Rica: 4 ekor ikan mas 2 sendok teh perasan air jeruk sambal 2 siung bawang putih, haluskan 1/2 sendok teh ketumbar (bubuk) 3/4 sendok teh garam 1/2 sendok teh merica (bubuk) Minyak secukupnya Bumbu Ikan Goreng Rica yang Diulek Kasar: 6 buah bawang merah 5 buah cabe rawit 3 buah cabe merah besar 5 buah cabe keriting Bumbu dan Bahan Lainnya: 3 lembar daun jeruk purut 1/2 sendok teh garam 1 batang serai, memarkan 1/2 sendok teh gula pasir 50 ml Minyak goreng 1 cm jahe, memarkan 2 buah jeruk kecil, ambil airnya 1 buah tomat, potong-potong Cara Membuat Masakan Ikan Mas Goreng Bumbu Rica-Rica yang Enak dan Lezat Cara Memasak Ikan Goreng: Langkah pertama yng bisa dilakukan terlebih dahulu, anda bisa melakukannya dengan membersihkan ikan mas yang sudah anda siapkan dengan menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih.

CARA MEMBUAT SEBLAK BANDUNG KUAH KUNING

Bahan - 100 gram kerupuk kanji oranye, rendam - 1 butir telur, kocok lepas - 150 gram paha ayam, rebus, suwir - 3 batang caisim, potong-potong - 20 gram soun, rendam air - 2 sendok makan kecap manis - 400 ml air - 1/2 sendok teh garam - 1/4 sendok teh merica bubuk - 1 batang daun bawang, diiris - 2 sendok makan minyak untuk menumis Bumbu halus: - 2 butir bawang merah - 2 siung bawang putih - 2 cm kencur - 6 cm kunyit bakar Cara Membuat 1. Tumis bumbu halus sampai harum. Sisihkan dipinggir wajan. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir. Masukkan ayam dan caisim. Aduk sampai layu. 2. Tambahkan kerupuk. Aduk rata. Bubuhi garam, merica bubuk, kecap manis dan air. Aduk rata. 3. Masukkan soun dan daun bawang. Aduk rata. Untuk 4 porsi